Microsoft Word 2007

Posted: Oktober 3, 2011 in Uncategorized

Microsoft Word adalah sebuah software untuk proses penulisan. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat tulisan,report,atau document yang lain. Tutorial ini mengajarkan kita pada MS Word Basic. Karena MS Word 2007 sangat berbeda dengan versi yang sebelumnya, maka dibuatlah tutorial ini agar pemakai MS Word 2007 bisa mengguanakannya dengan maksimal.

Nih gan tampilan awal nya microsof word 2007 :D

lalu akan muncul nih layout seperti ini gan …..

Bagus kaaaannnn !!!!!!???

tapi kalau mau ngooprasiinnya gmana????

oh iya lupa hehehe….
sebelum mau ngoprasiin harus tau dulu nih bagian bagiannyaudah tau kan?

The Microsoft Office Button
Microsoft Office Button terletak pada pojok kiri layar anda. Jika kamu meng klik tombol ini maka sebuah menu akan keluar secara vertical. Kamu bisa menggunakan menu ini untuk membuat Halaman Baru”Create new file”, membuka halaman yang sudah ada “Open existing file”, Menyimpan Halaman “Save File”, dan masih banyak lagi.

The Quick Access Toolbar
Sebelah tombol Microsoft Office adalah Quick Access toolbar. Akses Cepat toolbar memberi Anda akses ke perintah yang sering anda gunakan. Diantaranya ada tombol Save, Undo,dan Redo. Anda dapat menggunakan “save” untuk menyimpan file Anda, “undo” untuk pengembalian suatu tindakan yang telah diambil, dan “Redo” mengajukan permohonan kembali tindakan Anda yang telah dibatalkan.


Title Bar
Disamping toolbar Akses Cepat adalah Title bar. Judul bar menampilkan judul dokumen di mana Anda saat ini bekerja. Kata nama dokumen baru pertama Anda membuka Document1. Ketika Anda membuka dokumen baru tambahan, Word nama-nama mereka secara berurutan. Bila Anda menyimpan dokumen Anda, Anda bisa menetapkan dokumen nama baru.

The Ribbon
Jika anda menggunakan perintah untuk memberitahu Microsoft Word apa yang harus dilakukan. Di Microsoft Word 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Ribbon terletak di dekat bagian atas layar, di bawah Quick Access toolbar. Di bagian atas Ribbon ada beberapa tab; mengklik tab akan menampilkan beberapa perintah terkait kelompok. Dalam setiap kelompok terkait tombol perintah. Anda klik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan sebuah kotak dialog peluncur di sudut kanan bawah dari suatu kelompok. Mengklik kotak dialog peluncur memberi Anda akses ke perintah tambahan melalui kotak dialog.
The Ruller
Ruller atau Penggaris dapat anda temukan dibawah The Ribbon.

Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengubah format dokumen Anda dengan cepat. Jika Ruller Anda tidak terlihat, ikuti langkah-langkah yang tercantum di sini:

1. Klik View tab .
2. Klik kotak centang di sebelah Penguasa di Show / Hide grup. Penguasa muncul di bawah Ribbon.

Text Area

Tepat di bawah Ruller besar adalah daerah yang disebut area teks. Anda mengetik dokumen Anda di area teks. Garis vertikal yang berkedip-kedip di sudut kiri atas dari area teks adalah kursor. Menandai titik penyisipan. Saat Anda mengetik, Anda menampilkan teks pada lokasi kursor. Garis horizontal kursor sebelah menandai akhir dokumen.

Vertikal dan Horisontal dan Vertikal Scroll Bar
Vertikal dan horisontal scroll bar memungkinkan Anda untuk bergerak ke atas, bawah, dan di jendela Anda hanya dengan mendrag ikon terletak di scroll bar. Vertikal scroll bar yang terletak di sepanjang sisi kanan layar. Horizontal scroll bar yang terletak tepat di atas status bar. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar vertikal ke atas dan ke bawah. Untuk bergerak maju dan mundur di dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar horizontal bolak-balik. Anda tidak akan melihat horizontal scroll bar jika lebar dokumen Anda sesuai pada layar Anda.

Status Bar

Status bar akan muncul di bagian paling bawah jendela Anda dan menyediakan informasi seperti halaman dan jumlah kata dalam dokumen Anda. Anda dapat mengubah apa yang ditampilkan Status bar dengan mengklik kanan pada Status bar dan memilih opsi yang Anda inginkan dari menu Customize Status Bar. Anda mengklik item menu untuk memilihnya. Anda klik sekali lagi untuk membatalkan pilihan itu. Tanda centang di sebelah item berarti dipilih.

Memahami Dokumen Views

Di Word 2007, Anda dapat menampilkan dokumen Anda dalam salah satu dari lima views: Draft, Web Layout, Print Layout, Full Screen Reading, atau Online Layout.


Draft View

Draft view adalah tampilan yang paling sering digunakan. Anda menggunakan tampilan Draft untuk dengan cepat mengedit dokumen Anda.

Web Layout
Layout tampilan web memungkinkan Anda untuk melihat dokumen Anda karena akan muncul dalam browser seperti Internet Explorer.


Tata Letak Cetak

Tampilan Layout Cetak menunjukkan dokumen seperti yang akan tampak bila dicetak.


Reading Layout

Layout membaca format tampilan layar Anda untuk membuat membaca dokumen Anda lebih nyaman.


Outline View

Tampilan outline menampilkan dokumen dalam bentuk outline. Anda dapat menampilkan judul tanpa teks. Jika Anda memindahkan sebuah heading, teks yang menyertainya bergerak dengan itu.

Anda harus menggunakan Rancangan tampilan untuk pelajaran ini. Sebelum bergerak maju, pastikan Anda berada dalam tampilan Draft:

1. Klik tab Lihat.
2. Klik Draft Dokumen Tampilan dalam kelompok.
Bila pilihan Rancangan dipilih muncul dalam warna yang kontras.

Click
Selama pelajaran berikutnya, Anda akan diminta untuk “klik” item dan untuk memilih tab. Ketika diminta untuk klik:
1. Point ke item.
2. Tekan tombol kiri mouse sekali.

Jika Anda diminta untuk klik ganda item:
1. Point ke item.
2. Dengan cepat tekan tombol kiri mouse Anda dua kali.

Jika Anda diminta untuk klik-kanan:
1. Point ke item.
2. Tekan tombol mouse sebelah kanan.

Jika Anda diminta untuk memilih tab, klik tab.

Memahami Karakter Nonprinting
Karakter tertentu, yang disebut nonprinting caharacters, jangan cetak dan tidak akan muncul dalam dokumen cetak Anda tetapi jangan mempengaruhi tata letak dokumen Anda. Anda dapat memilih untuk melihat karakter ini di layar saat Anda mengetik atau Anda dapat memilih tetapi tidak terlihat. Untuk pelajaran ini, memilih untuk melihat mereka pada layar.

Untuk melihat nonprinting karakter:

1. Pilih tab Home.
2. Klik Tampilkan / Sembunyikan tombol (nomor 2)di grup Ayat. Tampilkan / Sembunyikan tombol muncul dalam warna yang kontras, ketika dipilih.

Buat Contoh Data dan Pilih Teks
Jika Anda ketik = rand () dalam dokumen Word Anda, kemudian tekan Enter, Word menciptakan tiga paragraf. Anda dapat menggunakan paragraf ini untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari. Selama pelajaran ini, Anda akan diminta untuk memilih teks. Latihan berikut ini mengajarkan Anda bagaimana untuk membuat data dan bagaimana untuk memilih data. Anda dapat memilih dengan menggunakan tombol panah atau dengan mengklik dan menyeret. Bila menggunakan tombol panah, menggunakan panah untuk bergerak ke atas, tanda panah bawah untuk bergerak ke bawah, panah kiri bergerak ke kiri, dan panah kanan untuk bergerak kanan. Ketika menggunakan mouse, tekan tombol kiri mouse dan kemudian tarik ke arah yang ingin Anda pindahkan.


Buat Contoh Data
1. Type = rand ().
2. Tekan Enter. Tiga paragraf muncul dalam dokumen Anda.

Pilih dengan Shift dan Arrow Keys
1. Tempatkan kursor anda sebelum kata “On” di paragraf pertama.
2. Tekan dan tahan tombol Shift, yang berfungsi sebagai “jangkar” menunjukkan di mana teks yang ingin Anda pilih dimulai atau berakhir.
3. Tekan tombol panah kanan sampai baris pertama dari teks akan disorot.
4. Tekan tombol panah bawah sampai paragraf pertama akan disorot.
5. Klik di manapun di luar area yang disorot untuk menghilangkan penyorotan.

Pilih dengan Mouse

1. Tempatkan kursor anda sebelum kata “Anda” dalam paragraf kedua.
2. Tekan dan tahan tombol kiri mouse.
3. Tarik mouse sampai Anda telah menyoroti paragraf kedua.
4. Klik di manapun di luar area yang disorot untuk menghilangkan penyorotan.

Tempatkan Cursor
Selama pelajaran, Anda akan sering diminta untuk menempatkan kursor pada lokasi tertentu (titik penyisipan) pada layar. Anda tempatkan kursor dengan memindahkan kursor ke lokasi tertentu dan menekan tombol kiri mouse atau dengan menggunakan tombol tanda panah untuk pindah ke lokasi yang ditentukan.


Start a New Paragraph
Ketika Anda mengetik di Microsoft Word, Anda tidak perlu menekan tombol untuk pindah ke baris baru. Untuk memulai paragraf baru, tekan tombol Enter.


Exit Word

Anda telah menyelesaikan Pelajaran Satu. Biasanya, Anda menyimpan pekerjaan Anda sebelum keluar.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s